Jumat, 01 April 2011

Tips untuk meringankan Tanda-tanda awal Kehamilan

Ada banyak tanda-tanda yang berhubungan dengan awal kehamilan. Yang pertama adalah tidak mengalami periode menstruasi (haid), tetapi karena tidak semua perempuan memiliki periode teratur adalah penting untuk mengamati sinyal lain seperti pertumbuhan dan nyeri payudara, mual, mulas, kelelahan, dan sering buang air kecil.
Bahkan jika seorang wanita memiliki semua gejala tersebut, sangat penting untuk memastikan dengan tes kehamilan. Tes ini dapat mendeteksi keberadaan hormon yang disebut chorionic gonadotropin, yang dihasilkan oleh plasenta yang hadir dalam darah dan air seni wanita hamil.
Tanda dan Gejala awal Kehamilan
Mual dan Muntah pada pagi hari (Hiperemesis gravidarum)
Mual dan Muntah paling sering terjadi pada kuartal pertama karena peningkatan hormon khususnya human chorionic gonadotropin (HCG), estrogen dan progesteron serta perubahan metabolik.
Untuk mengatasi penyakit ini:
- Makan makanan kecil, 5 atau 6 kali per hari.
- Di pagi hari makan kerupuk atau sereal kering
- Hindari Makan berminyak, digoreng dan dibumbui.
- Pilih makanan yang dingin dan segar dalam porsi kecil.
- Minum cairan dingin di antara waktu makan
- Makan makanan berprotein (daging, telur, susu) sebelum tidur di malam hari.
Kelelahan
Kebanyakan wanita lebih lelah dari biasanya selama awal kehamilan. Selama minggu pertama kehamilan, tubuh Anda mulai memproduksi lebih banyak darah untuk membawa nutrisi ke janin. Hati meningkatkan upaya untuk mengakomodasi ini dengan meningkatkan aliran darah, denyut nadi meningkat 10 sampai 15 denyut per menit. Cobalah untuk beristirahat sesuai yang Anda butuhkan. Cobalah untuk tidur 8 jam sehari dan menghindari pekerjaan berat.
Selain makan dengan baik dan menghindari efek berbahaya dari merokok dan alkohol, Anda perlu menemukan cara untuk merasa rileks,  luangkan waktu untuk tidur siang di siang hari  untuk memperbarui energi.
Kram
Kram sering terjadi pada kaki, terutama pada malam hari. Bangunlah, angkatlah pijat dan berjalan-jalan dan makan makanan yang kaya vitamin B dan kalsium. Masalah-masalah sirkulasi timbul dari kenaikan berat badan yang dialami selama kehamilan. Mintalah dokter Anda untuk merekomendasikan beberapa latihan untuk meringankan ketidaknyamanan ini.
Ngidam
Anda mungkin mengalami mengidam  untuk makanan, atau dapat menolak makanan yang biasanya anda suka. Tidak ada penjelasan ilmiah dalam hal mengidam, tetapi dianggap respon tubuh terhadap kekurangan mineral atau unsur lainnya.
Keasaman Lambung
Hal ini terjadi ketika makanan yang dicerna didorong dari perut ke kerongkongan. Sebagaimana disebutkan di atas, selama kehamilan akan memperlambat seluruh proses pencernaan dan di samping itu, rahim yang membesar mendorong ke atas perut.
Untuk menghindari mulas, makan dalam jumlah kecil beberapa kali sehari. Hindari makanan yang berlemak, makanan yang di bumbui, makanan yang sulit untuk dicerna dan Istirahat setidaknya satu jam sebelum tidur. Beberapa wanita biasanya menempatkan dua atau tiga bantal di bawah kepala  untuk tidur (semi-posisi duduk)
Sering Buang air kecil
Hal ini di rasakan melalui dinding perut hingga akhir kuartal pertama ketika Rahim mulai naik di atas batas panggul  dan semakin mendorong kandung kemih, sehingga Anda sering merasakan ingin buang air kecil.
Perubahan Payudara (hipersensitif)
Karena tindakan estrogen dan progesteron, payudara Anda akan menjadi lebih besar dan lebih berat dan lebih sensitif terhadap sentuhan dari awal. Lemak meningkatkan dan mengembangkan saluran baru untuk susu. Areola di sekitar puting menjadi lebih gelap dan tampaknya ada nodul kecil yang disebut tuberkel Montgomery. Di bawah kulit, Anda akan terlihat jaringan muncul garis biru, karena meningkatkan aliran darah ke payudara.
Berat Badan Meningkat
Seorang wanita hamil harus memperoleh antara 10 dan 14 kg selama kehamilan, tetapi sebagian besar peningkatan ini dalam beberapa bulan terakhir pada kuartal pertama meningkatnya hanya 1Kg.
Pusing dan sakit kepala
Mual  dan muntah yang dapat terjadi setiap  hari, terutama jika Anda tidak sering makan  menyebabkan tingkat gula dalam darah rendah.
Ini mungkin terjadi bahwa Anda mengalami sakit kepala selama kehamilan. Penyebabnya antara lain: stres, atau mungkin peningkatan volume darah dalam tubuh Anda. Cobalah untuk rileks dan bersantai Jangan minum obat kecuali  atas anjuran dokter.
Nyeri  Panggul
Merasa tidak nyaman di daerah panggul.
Keputihan (Serviks Fluida)
Kehadiran keputihan bisa menjadi tanda kehamilan. Leher rahim membentuk plug lendir untuk memblokir lubang guna membantu bayi tidak mengalami infeksi. Anda mungkin mengalami peningkatan keputihan, tapi tidak bau,  atau gatal  dalam kondisi normal. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, beritahu dokter Anda.
Sering Mengeluarkan Air liur
Sepotong es di mulut Anda bisa menghilangkan gejala ini.
Chloasma
Chloasma adalah bintik-bintik gelap yang muncul pada kulit yang disebabkan oleh hormon selama kehamilan. Hindari sinar matahari dapat membantu mencegah  hal ini.
Stretch Marks
Kelebihan berat badan membuat kulit harus mengalami tekanan yang lebih besar. Stretch mark biasanya muncul di perut dan perlahan memudar setelah melahirkan.
Sembelit dan Wasir
Sembelit di sebabkan oleh Pengaruh hormon dalam sistem pencernaan yang memperlambatan transit usus dan tekanan dari rahim yang tumbuh di usus. Selama trimester terakhir kehamilan, rahim membesar meningkatkan tekanan pada dubur menyebabkan wasir. Untuk mengurangi ketidaknyamanan ini, mencoba untuk minum banyak cairan dan makan buah-buahan dan sayuran kaya serat seperti buah ara, beras cokelat, lobak, asparagus, bayam, selada dan wortel.
Jika Anda tidak terbiasa makan makan berserat, tidak harus mulai untuk melakukannya dalam jumlah besar, karena Anda bisa menderita diare. Kami juga menyarankan penggunaan squash, kembang kol dan kubis, karena mengandung gas yang tinggi yang dapat menghasilkan serat.  Beberapa wanita biasanya minum segelas air hangat pada waktu perut kosong sebelum sarapan.
Untuk meringankan gejala-gejala ini:
Makan makanan Kaya serat seperti gandum.
Makan sayur dan buah-buahan termasuk plum dan buah ara.
Minum lebih banyak cairan.
latihan Outdoor dan berjalan 30 menit sehari.
Kesulitan Bernapas
Hal ini terjadi selama trimester ketiga karena janin menempati ruang pada bagian perut Anda. Tarik napas panjang beberapa kali sehari (Anda dapat meminta instruktur Anda untuk kelahiran), tetapi menghindari bernapas. Anda dapat tidur setengah duduk (pada beberapa bantal) dan menghindari tempat-tempat ramai dan tercemar.
Sakit punggung
Hal ini Merupakan konsekuensi dari peningkatan berat pada perut. Pakailah sepatu bertumit rendah, cobalah untuk menjaga punggung lurus dan hindari mengangkat benda berat. Sangat di anjurkan berlatih latihan relaksasi untuk membantu Anda menghilangkan stres dalam otot.
Pembengkakan
Pembekakan terjadi akibat retensi air dalam jaringan, khususnya pada kaki.  untuk itu, hindari pakaian yang ketat.
Sumbber: http://www.adypadoe.com/
Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat, silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar