Senin, 21 Maret 2011

GLUCOSA-GLICOGEN REVERS

Sistem saraf pusat dihubungkan dengan hipofisis melalui hipotalamus; merupakan hubungan yang paling nyata antara system saraf pusat dan system endokrin. Kelenjar hipofosis memberi respon terhadap releasing hormon-hormon tropik hipofisis , hormon- hormon yang dilepaskan oleh kelenjar hipofisis diangkut bersama darah dan merangsang kelenjar- kelenjar lain, menyebabkan pelepasan hormon-hormon kelenjar sasaran.
Akhirnya, hormon-hormon kelenjar sasaran bekerja pada neuromekanisme atau pada sel-sel hipofisis dan memodifikasi sekresi hormon.

Modalitas pengaturan umpan balik yang lain dimana substansi metabolic yang diatur oleh hormon tersebut.contoh misalnya insulin dan glukosa,respon terhadap insulin akan mengubah kadar glukosa dalam darah. Ketika kadar glukosa meningkat, insulin disekresi. Jika kadar glukosa turun, insulin dihentikan.


Walaupun beberapa hormone hipofisis dapat mempengaruhi pelepasan insulin secara tidak langsung. Oleh karena itu, dalam karbohidrat yang sudah ditelan akan dicerna menjadi monosakarida dan diabsorpsi terutama di dalam duodenum dan jejunum.
Sesudah di absorpsi, kadar glukosa darah akan meningkat untuk sementara waktu dan akhirnya akan kembali lagi ke kadar semula.

Pengaturan fisiologis kadar glukosa darah sebagian besar tergantung dari ekstraksi glukosa, sintesis glikogen dan glukogenolisis dalam hati. Selain itu jaringan otot dan adipose juga mempergunakan glukosa sebagai sumber energi mereka. Jika kadar glukosa dalam darah meningkat maka pulau langerhans pancreas sel B akan mensekresikan Insulin untuk menganabolik glukosa, asam – asam lemak dan asam – asam asmino menjadi glikogen yang akan disimpan di dalam hati sehingga kadar glukosa dalam darah akan kembali normal.

Akan tetapi jika kadar glukosa dalam darah menurun maka pulau langerhans pancreas sel A akan mensekresikan glukagon untuk meningkatkan kembali kadar glukosa plasma melalui peningkatan pemecahan glikogen melalui peningkatan katabolisme protein.

Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat, silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar