Senin, 21 Maret 2011

KELENJAR ADRENAL

Disebut juga sebagai kelenjar suprarenalis karena letaknya di atas ginjal. Dan kadang juga disebut sebagai kelenjar anak ginjal karena menempel pada ginjal.
Kelenjar adrenal terdiri dari dua lapis yaitu bagian korteks dan bagian medulla.

Hormon-hormon yang dikeluarkan dari Medulla memiliki efek yang sama pada organ sebagai sistem saraf simpatik hormon itu antara lain
  1. epinefrin
  2. norepinefrin
sedangkan Korteks mensintesis dan mengeluarkan tiga kelas hormon

1. glukokortikoid (misalnya, kortisol),
2. mineralocorticoids (misalnya, aldosteron)
3. androgen (misalnya testosteron).

Glukokortikoid mempengaruhi metabolisme dan membantu meningkatkan kadar gula darah
Mineralocorticoids mempengaruhi metabolisme mineral. Aldosteron adalah steroid yang menargetkan tubulus distal ginjal dan merangsang serapan kembali natrium dan kalium.
Androgen seperti testosteron disekresi oleh korteks adrenal. produksi androgen adrenal yang berlebihan dapat menyebabkan pubertas dini pada anak-anak muda dan pola rambut tubuh maskulin pada perempuan.

Hormon Kortisol dan glukokortikoid ini disekresi oleh anak ginjal karena provokasi dari hormon Adrenocorticotropic yan disekresi oleh hipofisis anterior

Hormon Adrenokortikotrop ini bekerjanya dikendalikan dan diatur oleh hormon hipotalamus corticotrophin-releasing peptide.

Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat, silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar