Senin, 09 Mei 2011

5 Jenis Gastropoda Laut

Dibawah ini merupakan beberapa spesies dari kelas gastropoda yang habitatnya  dilaut. yang kami temukan pada saat praktikum lapang di pantai delagen, Gresik.


1. Turitella terebra

turtella-terebra
turtella terebra
Kingdom         : Animalia
Phylum            : Mollusca
Class                : Gastropoda
Ordo                : Sorbeoconcha
Family             : Turritellidae
Genus              : Turritella
Species            : Turritella terebra
Turritella terebra merupakan spesies gastropoda yang sebagian besar hidup di laut, sebuah moluska laut dari kelas gastropoda dan dari keluarga Turritellidae. Memiliki sebuah insang dan tersusun dalam satu baris filamen, jantung beruang satu, nefridium berjumlah satu buah, mulut dilengkapi dengan radula yang berjumlah tujuh buah dalam satu baris. Hewan ini hidup di daerah hutan bakau atau pohon-pohon, laut surut sampai laut lepas pantai dan karang-karang di tepi pantai, laut dangkal bertemperatur  hangat, laut dalam, di balik koral, parasit pada binatang laut serta di atas hamparan pasir.

2. Ocypoda quadrata
ocypoda-qudrata
ocypoda qudrata
Kingdom         : Animalia
Phylum            : Arthropoda
Class                 : Malacostraca
Ordo                 : Decapoda
Family             : Ocypodidae
Genus              : Ocypode
Species            : Ocypode quadrata
Ocypode yang tinggal di wlayah berpasir ini  juga dapat disebut sebagai kepiting  hantu yaitu kepiting dari family Ocypodidae, kepiting pantai ini sangat umum dan ditemukan di banyak negara. Karakteristik dari genus yang termasuk salah satu cakar menjadi lebih besar daripada yang lain, tetapi perbedaan ini tidak ditandai sebagai dalam kepiting fiddler laki-laki. Kepiting hantu mendominasi pantai berpasir di daerah tropis dan subtropis, menggantikan jenis dari sandhoppers yang mendominasi di daerah dingin. Mereka bernapas melalui insang, secara berkala basah dengan air laut.
Meskipun mereka lebih sering hidup di pantai namun suatu saat mereka juga harus kembali ke laut untuk melepaskan telur mereka, yang berkembang menjadi larva di laut. Kepiting hantu Dewasa menggali lubang yang dalam, yang terdiri dari batang kayu dengan kamar di akhir, kadang-kadang dengan poros entrace kedua. Mereka tetap dalam liang ketika hari panas, dan sepanjang  musim dingin. Mereka muncul kebanyakan di malam hari, untuk makan kepiting dan kerang coquina mol, walaupun mereka juga akan makan berbagai macam barang , termasuk bangkai, kotoran dan tukik penyu. Kepiting muda yang memiliki warna yang samar hidup secara berbaur dengan habitat berpasir dari kepiting yang telah dewasa.. Ocypode quadrata tinggal di liang berpasir di atas strandline. Kepiting yang lebih tua menggali lubang mereka lebih jauh dari laut sejauh 400 meter  (0,25 mil) perairan. Kpeiting muda hanya bisa membantu menggali sampai 1,3 meter ke dalam, dan dapat ditutup dengan pasir selama periode panas.Ocypode Quadrata dapat menghasilkan berbagai suara, dengan memukul tanah dengan cakar, dengan komunikasi suara dengan kaki, dan sebuah “suara menggelegak”, yang dijelaskan secara tidak lengkap. Pejantan bersaing dengan cara yang sangat ritual yang bertujuan untuk mencegah  kontak fisik  diantara mereka. Pada kecepatan tinggi, pasangan keempat kaki yang dibangkitkan dari tanah, dan pada kecepatan tertinggi, kepiting berjalan, dengan hanya menggunakan pasangan pertama dan kedua berjalan kaki.
Habitat yang sering dikunjungi oleh kepiting hantu, terlihat mengalami  penurunan dalam kelimpahannya karena perilaku dari manusia. Wilayah pantai yang biasa masusia jadikan sebagai tempat wisata mengakibatkan lubang yang mereka buat terinjak-injak oleh kaki bahkan kendaraan mereka, sehingga secara langsung menghancurkan kepiting, serta secara tidak langsung merusak habitat mereka.

3. Nassarius
nassarius
nassarius


Kingdom: Animalia
Phylum: Mollusca
Class: Gastropoda
Superfamily: Buccinoidea
Family: Nassariidae
Subfamily: Nassariinae
Genus: Nassarius
Nassarius,nama umum siput lumpur Nassa (AS) atau whelks anjing (Inggris), adalah genus menit untuk siput laut menengah, moluska gastropoda laut di Nassariidae keluarga.
Bekicot ini pemulung. Spesies dalam genus ini ditemukan di seluruh dunia. Siput ini biasanya hidup di rataan lumpur atau dataran pasir, intertidally atau subtidal. Kebanyakan spesies Nassarius pemulung sangat aktif, makan pada hal-hal seperti ikan mati, dll Mereka sering menggali ke dalam substrat kelautan dan kemudian menunggu dengan hanya menonjol menyedot mereka, sampai mereka mencium bau makanan di dekatnya. Kerang spesies dalam genus ini memiliki puncak menara yang relatif tinggi dan takik siphonal. Seorang individu hidup dari spesies Nassarius pada dinding akuarium, tercermin di kaca. Hewan ini memiliki siphon panjang.

4. Xenophora corrugate
Xenophora-corrugate
Xenophora corrugate
Kingdom: Animalia
Phylum: Mollusca
Class: Gastropoda
Superfamily: Xenophoroidea
Family: Xenophoridae
enus: Xenophora
Subgenus: Xenophora
Species: X. corrugate
X. corrugate adalah spesies siput laut menengah, sebuah moluska gastropoda laut dalam keluarga Xenophoridae, siput carrier atau pembawa kerang. Bekicot pembawa ini hidup di kedalaman antara 35 dan 90 m.
Shell spesies ini adalah besar dan luas trochiform, dengan dasar cekung. Dalam kehidupan semen siput kerang atau kerikil kecil ke tepi cangkangnya secara teratur lebih atau kurang. Apa yang disemen ada fungsi dari apa yang tersedia di substrat di mana kehidupan siput.
Aperture cangkang yang besar dan sangat cekung. Patung dari permukaan sirip belakang tidak teratur bergelombang, di mana puing-puing shell dan lainnya tidak tertanam.
Tubuh bagian dasar adalah putih dengan berbagai punggung coklat arkuata tajam-mengangkat. Ketinggian shell hingga 45 mm, dan lebar sampai dengan 62 mm.

5. Thais mutabilis
Thais-mutabilis
Thais mutabilis
Kingdom: Animalia
Phylum: Mollusca
Class: Gastropoda
Superfamily: Muricoidea
Family: Muricidae
Subfamily: Rapaninae
Genus: Thais
Subgenus: Thaisella
Species: T.mutabilis
Thais mutabilis adalah spesies siput laut, moluska gastropoda laut dalam keluarga Muricidae, siput Murex atau siput batu. Mutabilis Thailand adalah kerang kecil yang cokelat, putih atau abu-abu Thailand kerang laut jatuh. ke dalam kategori kerang batu. Rock cangkang kerang yang kokoh masing-masing unik untuk desain sendiri.

Sumber: http://airlanggastudyclub.com/5-jenis-gastropoda-laut/
Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat, silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar