Pengertian Bahan Ajar
- Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.
- Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/ instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. (National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training).
- Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.
- Bahan cetak seperti: hand out, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart,
- Audio Visual seperti: video/film,VCD
- Audio seperti: radio, kaset, CD audio, PH
- Visual: foto, gambar, model/maket.
- Multi Media: CD interaktif, computer Based, Internet
Cakupan Bahan Ajar
- Judul, MP, SK, KD, Indikator, Tempat
- Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru)
- Tujuan yang akan dicapai
- Informasi pendukung
- Latihan-latihan
- Petunjuk kerja
- Penilaian
Bahan Ajar vs Buku Teks
- Bahan ajar merupakan bahan atau materi pembelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam KBM.
- Buku teks merupakan sumber informasi yang disusun dengan struktur dan urutan berdasar bidang ilmu tertentu.
- Menimbulkan minat baca
- Ditulis dan dirancang untuk siswa
- Menjelaskan tujuan instruksional
- Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel
- Struktur berdasarkan kebutuhan siswa dan kompetensi akhir yang akan dicapai.
- Memberi kesempatan pada siswa untuk berlatih
- Mengakomodasi kesulitan siswa
- Memberikan rangkuman
- Gaya penulisan komunikatif dan semi formal
- Kepadatan berdasar kebutuhan siswa
- Dikemas untuk proses instruksional
- Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari siswa
- Menjelaskan cara mempelajari bahan ajar.
- Mengasumsikan minat dari pembaca
- Ditulis untuk pembaca (guru, dosen)
- Dirancang untuk dipasarkan secara luas
- Belum tentu menjelaskan tujuan instruksional
- Disusun secara linear
- Stuktur berdasar logika bidang ilmu
- Belum tentu memberikan latihan
- Tidak mengantisipasi kesukaran belajar siswa
- Belum tentu memberikan rangkuman
- Gaya penulisan naratif tetapi tidak komunikatif
- Sangat padat
- Tidak memilki mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pembaca.
- Lembar informasi (information sheet)
- Operation sheet
- Jobsheet
- Worksheet
- Handout
- Modul
Sumber : Sosialisasi KTSP Departemen Pendidikan Nasional
Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat, silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar